Perhatikan! Ciri Suami yang Harus Ditinggalkan –¬†Masalah muncul dalam rumah tangga itu pasti. Mau seharmonis apapun sebuah rumah tangga, pasti ada kalanya muncul cekcok, selisih paham, sampai pertengkaran. Tapi terkadang, banyak istri yang diberikan petunjuk oleh Allah SWT dari beberapa masalah, yang menunjukkan jika suaminya tidak baik. Akan tetapi sang istri justru memilih untuk bertahan. Memang berkhusnudzon pada suami itu baik, namun ada kalanya kita perlu lebih waspada dan lebih memperhatikan segala petunjuk yang Allah berikan. Barangkali dari situ, Allah ingin menyelamatkan kita. Allah ingin membawa kita ke kehidupan yang lebih baik.

Nah mungkin anda masih bingung. Apakah ini benar petunjuk atau hanya cobaan dalam rumah tangga. Untuk itu, simak beberapa ciri suami yang harus ditinggalkan.

1. Sikap Suami yang Dzalim

Punya suami dzalim memang cukup berat. Seperti suka menghina istri, menganiaya, sampai mencaci maki. Apalagi jika dia sampai main tangan. Entah itu dengan membanting barang-barang, atau menendang perabotan. Tapi jika kondisinya suami sudah memukul atau menyakiti secara fisik ke anda atau anak anak anda, maka suami seperti itu harus ditinggalkan. Jangan sampai anda bersikeras bertahan, dan akhirnya berdampak pada psikis anak-anak anda. Sebab, hal seperti itu akan berpengaruh pada masa depan dan kepribadian anak anda juga.

2. Suami yang Tidak Menjalankan Kewajiban Agamanya

Contohnya seperti tidak memberikan nafkah, mencuri, suka minum bir (khomr), suka berjudi, berzina, sampai mungkin meninggalkan salat. Suami seperti ini tentunya harus ditinggalkan. Sebab seharusnya suami itu menuntun kita ke surga, membimbing kita di jalan Allah.

5. Seorang Suami yang Tidak Memberi Nafkah Lahir atau Batin pada Istri

Misalnya, suami poligami lalu tidak adil pada memberikan nafkah lahir maupun batin, atau suami secara sengaja mencampakkan istri, entah karena sebab apapun, yang tidak bisa diterima istri. Jadi suami tidak memberikan nafkah batin. Suami seperti itupun sebaiknya ditinggalkan.

6. Hilangnya Kabar tentang Keberadaan Suami

Misalkan anda bertengkar dengan suami. Lalu suami pergi dari rumah, sampai berbulan bulan atau bertahun-tahun. Anda tidak dapat kabar apapun. Atau mungkin, suami bekerja di luar kota lalu loss contact sampai bertahun-tahun. Sampai anda bingung mengenai status anda, apakah masih menjadi istrinya. Saran kami lebih baik move on dan Insya Allah anda akan dapat suami yang lebih bertanggung jawab.

Nah, demikian beberapa ciri suami yang lebih baik ditinggalkan. Tapi kembali lagi, keputusan ada pada anda. Jika anda masih kuat untuk bertahan bersama suami yang seperti itu. Maka kami hanya bisa mendoakan untuk kebaikan anda dan keluarga. Semoga diberikan kebahagiaan, rezeki melimpah dan keharmonisan. Semoga bermanfaat!

tasbih nur atifa