suami tidak memberikan nafkah istri

Wahai Suami, Dosa Besar Sengaja Tidak Menafkahi Istri Lahir Batin – Seorang suami selain memiliki kewajiban memberikan nafkah lahir, juga harus memberikan nafkah batin pada istrinya. Sebab di dalam islam sendiri, Allah SWT memerintahkan suami untuk menggauli istrinya dengan cara yang baik. Dalam keadaan apapun, suami punya kewajiban untuk memenuhi nafkah lahir batin istrinya.

Sehingga jika seorang suami disibukkan oleh urusan dunia seperti mengejar kekayaan, sampai dia tidak sempat memberikan nafkah batin untuk sang istri maka sudah diartikan dia tidak memenuhi nafkah batin dan berdosa besar. Jangankan urusan dunia, dalam sebuah kisah diceritakan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, seorang suami yang terlalu sibuk mengejar akhirat sampai mengabaikan istrinyapun mendapatkan teguran dari Rasulullah.

“Wahai Utsman, bertakwalah kepada Allah. Karena istrimu punya hak yang harus kau penuhi. Tamumu juga punya hak yang harus kau penuhi. Dirimu punya hak yang harus kau penuhi. Silahkan puasa, dan kadang tidak puasa. Silahkan Tahajud, tapi juga harus tidur.” (HR. Ahmad 26308 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

Bahkan Rasulullah SAW sendiri juga akan menegur para sahabatnya yang mengabaikan hak istri untuk mendapatkan nafkah batin. Oleh karena itu, untuk para suami agar lebih memperhatikan nafkah lahir batin untuk istrinya. Meskipun dalam keadaan marahpun, suami tetap memiliki kewajiban tersebut dan istri berhak untuk mendapatkannya. Sebab hukum suami tidak memberikan nafkah pada istrinya adalah haram dan berdosa besar. Semoga rumah tangga anda selalu dilindungi Allah SWT. Semoga bermanfaat!

tasbih nur atifa