Sudah Melakukan Amalan, Masih Tak Terkabul? – Sudah menjadi tugas manusia untuk meminta atas segala hajatnya pada Allah SWT. Baik melalui cara berdoa, sholat ataupun amalan lainnya. Namun sering kali kita sudah melakukan amalan namun hajat kita masih tak kunjung terkabul.┬áTerkadang memang ada beberapa hal penting yang terlewat. Akibatnya doa jadi susah terkabul, atau jadi lebih lama terkabul.

Beberapa kunci agar doa cepat terkabul adalah sebagai berikut.
1. Melakukan amalan di waktu mustajab
Memang semua waktu itu baik. Namun alangkah lebih baiknya jika kita berdoa di waktu mustajab untuk berdoa. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih waktu terbaik untuk berdoa. Misalnya di sepertiga malam, di hari jumat, di bulan ramadhan atau di hari arafah.
2. Menghadap ke arah kiblat
Meskipun sunnah tapi lebih baik setiap kita melakukan amalan, kita selalu menghadap ke arah kiblat. Sunnah berdoa sambil menghadap kiblat ini juga selalu dilakukan oleh Rasulullah.
3. Melembutkan suara
Dalam berdoa kita perlu untuk melembutkan suara. Jangan terlalu keras dan jangan terlalu pelan juga. Bayangkan anda sedang berdialog langsung, atau berhadapan langsung dengan Allah. Tentunya anda akan menyampaikannya dengan lemah lembut.
4. Khusyu
Tunjukkan sikap rendah diri, penuh keyakinan dan ikhlas. Kebanyakan orang melakukan amalan namun tidak sepenuh hati berserah pada Allah. Tidak 100% yakin pada kebesaran Allah. Padahal Allah Maha Besar, tidak ada yang tidak mungkin jika kita melibatkan Allah.
5. Bertobat pada Allah
Perbanyak istighfar, sholat taubat atas dosa dosa yang kita lakukan. Setelah melakukan sholat taubat dan menyesali segala dosa yang kita lakukan, barulah kita meminta pada Allah. Apapun permintaan kita, Insya Allah akan lebih mudah terkabul.
Demikian 5 kunci agar doa cepat terkabul. Semoga hal ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua ke depannya. Apa yang kurang bisa diperbaiki, dan doa doa kita bisa dikabulkan Allah. Semoga bermanfaat!